INFO & NEWS Humaniora

Rabu, 28 November 2012 - 09:46 WIB
Telah terbit: Jurnal Humaniora, Volume 24, Nomor 3, Oktober 2012

Jurnal Humaniora, Volume 24, Nomor 3, Oktober 2012 telah terbit. Pada Editorial terbitan ini, Daud Aris Tanudirja menulis bahwa bulan Oktober yang diperingati sebagai bulan bahasa hendaknya menjadi saat bagi kita untuk memikirkan kembali potensi bahasa untuk pembinaan karakter bangsa. Semestinya, pembinaan bahasa tidak semata ditujukan untuk penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih dari itu, pembinaan bahasa harus dimampukan sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa yang unggul dan beradab.

Terdapat sepuluh artikel serta dua resensi buku yang dimuat dalam terbitan terakhir volume ini. Berkaitan dengan bahasa, artikel yang ditulis oleh Akhmad Sofyan membahas mengenai struktur bahasa Madura, khususnya pada perilaku dan makna verba. Sementara Hari Bakti Mardikantoro mengangkat pilihan bahasa masyarakat Samin dalam ranah keluarga yang dikaji dari perspektif sosiolinguistik. I Dewa Putu Wijana menyentuh penggunaan bahasa Inggris dalam bahasa gaul kaum remaja Indonesia. Penulis asal Korea. Cho, Tae- Young, merangkum perkembangan bahasa Cia-cia di Korea. Ida Rochani Adi dalam artikelnya menunjukkan kekuatan bahasa dalam bentuk karya sastra yang dapat menghidupkan epos dalam masyarakat yang semakin mengandalkan rasionalitas.

Lebih lengkapnya, Jurnal Humaniora, Volume 24, Nomor 3, Oktober 2012 dapat diakses pada alamat berikut ini: http://jurnal.ugm.ac.id/index.php/jurnal-humaniora/index. Untuk informasi lebih lanjut seperti pembelian atau berlangganan, silahkan menghubung telepon (0274) 513096 psw. 134 atau 081 2277 900 20.

Rabu, 14 November 2012 - 15:34 WIB
Rangkaian Akhir Workshop Series 2012: English Article Writing Training

Dengan tujuan untuk menjaring naskah artikel berbahasa Inggris yang berkualitas, Humaniora menyelenggarakan Workshop Series 2012: English Article Writing Training yang bekerja sama dengan dosen tamu dari luar negeri pada tanggal 12, 13 dan 14 November 2012, bertempat di Ruang Sidang 1, Gedung Purbacaraka, Fakultas Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai institusi terutama yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya, seperti Semarang, Salatiga, Malang dan Surabaya. Ada tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta sebelumnya, yaitu seleksi naskah. Dari naskah-naskah yang dikirimkan ke panitia untuk mengikuti workshop ini, terpilihlah empat belas naskah yang penulisnya berhak mengikuti workshop ini.

Selama tiga hari, peserta mendapatkan ilmu mengenai teknik menulis artikel dalam bahasa Inggris dari para panelis, yaitu Bapak Dr. Daud A. Tanudirjo dan Bapak Dr. FX. Nadar, keduanya merupakan Penyunting Jurnal Humaniora. Selain kedua panelis tersebut, Humaniora juga mengundang tiga panelis tamu yaitu Cory Michael Rogers dari Oberlin Shansi United States of America dan Michael Paul serta Grace Kistler-Fair, keduanya berasal dari University of California, Santa Cruz.

Dari pelaksanaan workshop ini, Humaniora menjaring naskah-naskah berbahasa Inggris sekaligus penulis-penulis yang berkualitas. Tentunya, diharapkan peserta yang mengikuti workshop ini dapat terus meningkatkan kualitas tulisannya dan terus menjalin kerja sama yang baik dengan Jurnal Humaniora.

Dengan selesainya English Article Writing Training ini, menandakan berakhirnya Workshop Series 2012 yang diselenggarakan Humaniora dalam rangka internasionalisasi Jurnal Humaniora sebagai penerima Hibah Internasionalisasi Jurnal Domestik dari DIKTI pada tahun 2012 namun tentunya ada banyak rencana kerja menunggu untuk dilaksanakan Humaniora di tahun berikutnya.

Hlm. | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
Jl. Sosiohumaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp : 0274-513096 Fax : 0274-550451
E-mail : fib@ugm.ac.id